Pentingnya KHS Selama Kuliah



KHS merupakan hasil atau capaian akademik yang didapatkan seorang mahasiswa selama 1 (satu) semester. Dengan KHS mahasiswa dapat melihat nilai dari semua matakuliah yang telah ia ambil dalam 1 semester.

KHS dikeluarkan oleh Bidang Akademik IPMAFA setiap akhir semester dan biasanya dapat diambil dari Prodi masing-masing. Namun begitu tidak sedikit mahasiswa kurang menghargai KHS tersebut dengan menghilangkan atau tidak mengambilnya. Padahal KHS sangat penting selama mahasiswa aktif kuliah. Berikuti pentingnya KHS bagi mahasiswa:
  1. KHS sebagai bukti nilai: KHS yang mencantumkan semua nilai mahasiswa dalam 1 semester membuktikan bahwa mahasiswa tsb sudah mengambil makul yang tertera di KHS. Jika suatu saat ada kesalahan data baik nilai maupun matakuliah, maka mahasiswa yang bersangkutan dapat mengurusnya ke bidang akademik dengan melampirkan fotocopy KHS tsb. Dengan KHS tsb maka pegawai bidang akademik akan merevisi sesuang KHS yang dibawa mahasiswa.
  2. KHS sebagai bukti kelulusan: jika suatu ketika mahasiswa mendapat informasi bahwa ada matakuliah yang belum lulus, ia dapat membawa KHS sebagai bukti kelulusan makul.
  3. KHS sebagai bukti Nilai yang benar: Semua informasi nilai, kuncinya di KHS. Artinya jika ada masalah terkait nilai matakuliah yang dapat menghambat kegiatan akademik mahasiswa, maka KHS menjadi penentu yang dapat dijadikan dasar.
Betapa pentingnya KHS tersebut, maka sebagai mahasiswa sudah semestinya tidak menghilangkannya dokumen KHS selama dia aktif kuliah di IPMAFA.